9 Tips Memilih PC Rakitan yang sesuai kebutuhanmu

Sumber: Jualo.com

Tips memilih pc rakitan : Saat ini Komputer / PC memiliki banyak variasi dari Desktop PC, All In One PC, dan juga mini PC.

Oleh karena itu untuk memilih komputer, kita harus selektif dan tidak asal membeli agar komputer yang kita dapatkan sesuai dengan budget dan kebutuhan kita.

Selain itu, ada juga pilihan apakah akan merakitnya sendiri atau membeli rakitan yang sudah siap pakai, atau pabrikan.

Semua model PC itu akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing

Misalnya All In One PC, jika kalian tertarik dengan PC Ini kalian bisa baca kelebihan dan kekurangannya di sini.

Tapi dari semua model PC yang ada, PC Rakitan biasanya menjadi pilihan favorit.

Karena selain harganya yang lebih terjangkau, konsumen juga bisa memilih spesifikasi sesuai kebutuhan mereka.

Apabila kalian sedang berencana untuk membeli PC rakita, ada baiknya kalian baca beberapa tips berikut :

1. Kebutuhan

Tips memilih PC rakitan yang pertama adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan. Kita harus tau PC ini akan digunakan untuk apa.

Misalnya untuk keperluan Office, Toko Onlin biasanya hanya perlu PC standar seperti core i3 RAM 4GB dengan koneksi internet.

Apabila untuk gaming, tentu saja kalian akan membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi seperti core i5, dengan RAM 8GB ditambah VGA Card.

Dan jika untuk 3D Editing atau rendering, maka akan membutuhkan spesifikasi PC High End, dan dengan merk komponen yang berkualitas juga.

2. Anggaran

Tips selanjutnya adalah mengatur anggaran. Biaya merakit PC tentusaja sejalan dengan spesifikasi PC yang kalian rakit, semakin tinggi spesifikasi PC itu, semakin tinggi biayanya.

Oleh karena itu yang pertama harus kalian perhatikan adalah kebutuhan, tentukan kebutuhan kemudian sesuaikan dengan anggaran.

3. Processor

Processor merupakan komponen penting pada komputer, oleh karena itu kalian harus memilih dengan hati – hati dan sesuai kebutuhan kalian.

Secara garis besar, jika kalian bertujuan untuk gaming maka sebaiknya kalian pilih AMD, karena kualitas grafisnya lebih bagus dari intel.

Tapi jika untuk keperluan rumahan, dan desain grafis sebaiknya kalian pilih Intel, karena kinerja untuk keperluan itu Intel lebih unggul dari AMD.

Selain dua jenis processor itu, kalian juga perlu memperhatikan generasi processor, terkadang banyak yang menawarkan PC rakitan siap pakai mudah dengan processor core i7.

Tapi jika kalian perhatikan lagi ternyata meski sudah menggunakan core i7 ternyata processornya generasi lama.

4. Motherboard

Tpis memilih PC rakitan selanjutnya adalah perhatikan jenis motherboard nya.

Jika kalian merakit sendiri pastikan type socket nya sama dengan type socket processor, jika kalian beli CPU jadi perhatikan merk dan type motherboardnya lalu search di google spesifikasi lengkapnya.

Pastikan spesifikasi nya lengkap sesuai kebutuhan kalian, seperti USB, Soundcard dan sebagainya.

Beberapa merk yang cukup rekomendasi diantaranya, MSI, ASUS, AsRock, atau Gigabyte.

5. RAM

Tips selanjutnya adalah RAM, jika kalian memilih merakit sendiri maka kalian harus memastikan RAM yang kalian beli tipe nya sama dengan motherboard kalian.

Jika kalian beli motherboard DDR4 maka RAM kalian juga harus DDR4.

Selanjutnya kapasitas RAM, penulis pikir PC saat ini minimal menggunakan RAM 4GB karena RAM 2GB sepertinya akan kurang nyaman meski hanya untuk browsing internet.

Perlu kalian ketahui, saat ini browser cukup makan memori entah itu firefox atau google chrome apalagi apabila kita memiliki banyak extension atau add ons.

Lalu jika PC kalian sekiranya akan sering digunakan jangka waktu lama, sebaiknya kalian pastikan RAM yang terpasang sudah menggunakan Heat Spreader, karena memiliki performa dan stabilitas yang lebih baik.

6. VGA Card

Untuk komputer kantoran cukup menggunakan VGA Card bawaan intel, tapi jika kalian ingin PC Gaming atau Rendering VGA Card Wajib hukumnya.

Untuk Gaming VGA Card bawaan mungkin masih cukup tapi akan lebih mulus kalau kalian tambah VGA Card, terutama processor AMD.

Oleh karena itu jika kalian membeli PC Raktian siap pakai pastikan kalian menayakan Merk dan Type VGA Card, lalu kalian bisa cek di game-debate.com atau situs sejenisnya.

7. Power Supply

Yang perlu diperhatikan dalam memilih Power Supply adalah daya maksimal dari power supply.

Menurut penulis sebaiknya cari PSU atau power supply dengan daya 450 watt ke atas, semakin tinggi tentu saja semakin baik.

Karena PC rakitan memiliki banyak komponen, terutama untuk PC Gaming seperti Processor, RAM, VGA Card, Motherboard, hardisk dll.

Meski untuk PC kantoran low watt PSU mungkin masih kuat, tapi jika kalian ingin upgrade PC nantinya kalian harus ganti PSU juga jadi lebih baik dari sekarang pilih PSU dengan watt minimal 450 watt.

Selain daya, yang perlu diperhatikan lagi adalah efisiensi power supply, semakin tinggi semakin baik. Untuk PC Gaming minimal memiliki efisiensi 80%.

8. Perangkat Penyimpanan

Tips Memilih PC Rakitan selanjutnya yang tidak kalah penting tentusaja perangkat penyimpanan, tanpa ini kalian tidak akan bisa install OS untuk PC kalian.

Untuk Opsi ini kalian cukup sesuaikan dengan kebutuhan, tapi saran penulis sebaiknya gunakan SSD minimal 120GB untuk sistem operasi.

Dengan menggunakan SSD untuk sistem, kinerja PC akan menjadi lebih cepat daripada menggunakan hardisk.

Jika hanya PC untuk dirumah SSD 120 atau 240 GB rasanya cukup.

Sedangkan untuk PC gaming dan rendering pasti akan butuh hardisk untuk menyimpan data.

9. Tanyakan kondisi semua komponen

Tips Memilih PC Rakitan yang terakhir adalah pastikan semua kondisi komponen baru bukan second.

Jangan sampai membeli PC baru sudah core i7 tetapi ternyata menggunakan processor generasi lama dan ternyata second.

Itulah beberapa Tips Memilih PC Rakitan, pastikan kalian tetliti dalam membeli jangan sampai menyesal setelah membeli, karena kebanyakan penjual tidak mau menerima penembalian barang.